Mengubah isi kepala menjadi tulisan

Cari dah

Jumat, 05 Desember 2014

Cara mengatur pola makan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halooo! Apa kabar? Malam-malam gini masih pada belajar kan? Kali ini aku mau posting tentang gaya hidup yang sehat. Aku keingat semacam semboyan bahasa Belanda yang berbunyi "mensana in corpore sano" yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Nah, agar sehat salah satu faktor yang harus kita perhatikan adalah pola makan, jangan sampai kita mengabaikan waktu makan kita. Karena akibat mengabaikan waktu makan kita, kita menjadi banyak terserang gangguan tubuh serta penyakit lain seperti maag, penurunan daya tahan tubuh, dll.

Untuk itu, aku mau berbagi tentang mengatur dan mengontrol waktu. Jika kalian memiliki nafsu makan yang nggak terkontrol, cobalah langkah-langkah berikut yang telah aku rangkum dari beberapa buku kesehatan:
1. Jangan lewatkan waktu makan
Mungkin diantara kita banyak yang berpikir bahwa mengurang waktu makan bisa mengurangi asupan kalori, tapi itu adalah hal yang saaaangat salah.Karena katanya para ahli dari Hackesack University Medical Centarl, Susan Craus. Melewatkan makan bisa menambah nafsu makan, bukan berkurang.
Sebaliknya, mancegah agar tidak makan berlebih dapat dilakukan denga cara memilih makanan yang kaya akan gizi seperti karbohidrat kompleks.Hal ini dapat membuat badan lebih kenyang dalam waktu yang sangat lama serta dapat mengontrol kadar gula darah.

2. Kenali pemicunya

Saat kamu mengenali pemicu nafsu makan tak terkontrol, maka kamu bisa menghindarinya. Cara mengenali penyebab nafsu makan yang selalu besar adalah dengan cara menulis daftar makanan yang kamu makan selama seminggu, rekam mood, dan sebrapa kamu lapar saat sebelum kamu makan.

3 Tunggu
Pas kita stres adalah saat yang paling tidak enak, serta stres dapat membuat nafsu makan menjadi semakin besar dan tak terkontrol. Saat hal seperti itu terjadi, jangan turutinafsu makan tersebut. Biarkan selama lebih dari 20 menit, maka nafsu makan yang tidak terkontrol itu bisa hilang.

4. Minum
minum air putih
Pada bagian otak yang namanya Hipotamalus, bagian ini mengontrol mood dan nafsu makan, mengartikan haus itu seperti lapar.Maka memuaskan rasa haus dengan minum dapat mengendalikan nafsu makan kita. Tapi saat mau minum jangan memberi gula tambahan.

Mungkin itu aja sih isi dari blogku. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan keluarga.

Wasalamualaikum Wr. Wb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar